Selasa, 16 September 2014

Pendidikan Budaya dan Karakter

Tags



Sekedar membagi informasi mengenai Pendidikan Budaya dan Karakter, semoga berguna dan menjadi acuan dalam membangun karakter peserta didik.

PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER

1. Religius
          Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lainya.

2. Jujur
          Perilaku yang di dasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagaiorang yang selalu dapat dipercaya perkataan, tindakan dan pekerjaan.

3. Toleransi
          Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin
          Tindakan yang menunjukanperilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras
          Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif
          Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari                   sesuatu yang telah dimiliki.            

7. Mandiri
          Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam                             menyelesaikan tugas-tugasnya.                      

8. Demokratis
          Cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban antara dirinya dan orang lain.

9. Rasa ingin tahu
          Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan di dengar.

10. Semangat kebangsaan
          Cara Berfikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa, lingkungan fisik, social, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

12. Menghasrgai prestasi
          Sikap dan tindakan yang mendororng dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif
          Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.

14. Cinta damai
          Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

15. Gemar Membaca
          Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.


16. Peduli lingkungan
          Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli social
          Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung jawab
          Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan(social, alam dan budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.



"sesungguhnya perbuatan dan tingkah laku kita adalah sarana edukasi yang paling ampuh, jadi berbuat dan bertingkahlakulah yang positif"

"don't say imposible if you not do ever" cari sendiri artinya di kamus yaaa  hi hi hii...


EmoticonEmoticon