Sabtu, 13 September 2014

Contoh Jurnal, Penilaian Portofolio dan Tes Tertulis KURIKULUM 2013

Tags



Demi mempersiapkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 disini kan saya sampaikan mengenai  contoh jurnal, Portofolio dan tes tertulis kurikulum 2013, semoga bermanfaat.

A. Contoh Jurnal

Jurnal PAI dan Budi Pekerti
Petunjuk (diisi oleh guru):
a)    Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)   Tulislah tanggal pengamatan
c)    Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)   Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)    Tulislah dengan segera kejadian yang terjadi saat pengamatan.
f)    Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g)   Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing peserta didik
Jurnal
Nama Peserta Didik    : …………………
Nomor peserta Didik  : ………………….
Tanggal                       : ………………….
Aspek yang diamati    : Spritual.
Kejadian                      :


   
Guru            : ……………
Nilai Siswa : ……..

Petunjuk penskoran :
4=
apabila selalu melakukan kegiatan positif sesuai Kompetensi Inti
3=
sering, apabila sering melakukan kegiatan positif sesuai Kompetensi Inti  dan kadang-kadang tidak melakukan
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan kegiatan positif sesuai Kompetensi Inti dan  sering tidak melakukan
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan kegiatan positif sesuai Kompetensi Inti


B. Contoh Portofolio
Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa tentang Contoh Perilaku Sesuai KD

Kompetensi Dasar: 4.1 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir,
                                 4.2 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi Waktu         :      1 Semester
Nama Peserta Didik :      Retno Zahrotin Nisa’
Kelas/Semester         :      VII/D (Ganjil)

No
Karya peserta didik
Skor
Prestasi
Ket.
(1 – 4)
T
BT
1.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
3


2.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Khabir

4


3.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: As- Sami’

4


.4.
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Bashir

3


5.

Contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.

4



Total Skor
18



Keterangan:
T = tuntas
BT = Belum tuntas
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :



Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa tentang Contoh Perilaku Sesuai KD

Kompetensi Dasar: 4.1 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir,
                                 4.2 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi Waktu         :      1 Semester
Nama Peserta Didik :      Retno Zahrotin Nisa’
Kelas/Semester         :      VII/D (Ganjil)

No
Karya peserta didik
Skor

Tk Prov.
Kab
kec
Sekolah
Kelas



5
4
3
2
1

1.
Menghasilkan karya seni Islami ( seperti kaligrafi,media PAI, film keagamaan dsb)







2.
Berprestasi dibidang dakwah Islam ( seperti lomba pidato Islam,cerpen Islam, Puisi Islam)







3.
Mengapresiasi kebudayaan Islam







4.

Mengikuti acara PHBI







5.
Menjadi peserta pentas pai






6.








Total Skor
18





Keterangan:
T = tuntas
BT = Belum tuntas
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :



C. Contoh Tes Tertulis

Tabel 4. Contoh Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Skor
1.
3.1.1.Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim

Tes Tulis
Isian
Arti dari al-Asmaul-Husna Al-’Alim adalah….

Kunci Jawaban:
artinya Maha Mengetahui. Allah Swt.
15
2.
3.1.2. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim

Tes Tulis
Uraian
Sebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim !

Kunci Jawaban:
Kita harus terus-menerus bersemangant mencari ilmu-ilmunya Allah Swt  dengan cara belajar dan mere­nungi ciptaan-Nya.
30
3
3.1.3. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir

Tes Tulis
Uraian
Jelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir !
Kunci Jawaban:
Al-Khab³r artinya Mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt. menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang Dia kehendaki.
30
4
3.1.4. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir

Tes Tulis
Benar salah
Perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir adalah kita harus teliti dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di rumah, maupun di tempat lainnya. (B - S)

Kunci Jawaban : B
5
5
3.1.5. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna as-Sami’

Tes Tulis
Jawaban Singkat
Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar merupakan makna dari Asmaul-Husna apa?

Kunci Jawaban:      As- Sami”
10
6
3.1.6. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna as-Sami’

Tes Tulis
Pilihan Ganda
Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa Allah Swt. senantiasa mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan dari keyakinannya bahwa Allah Swt. bersifat
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami³‘
D.  al-Bashir

Kunci Jawaban:             C
5
7
3.1.7. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna al-Bashir
Tes Tulis
Pilihan Ganda
Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di langit. Allah Maha Melihat merupakan makna
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami‘
D. al-Basir

Kunci Jawaban:             D
5
8
3.1.8. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna al-Bashir
Tes Tulis
Pilihan Ganda
Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah
A.      introspeksi diri untuk kebaikan
B.       amar ma’ruf nahi munkar
C.      menjadi suri tauladan bagi orang lain
D.      mau mendengarkan nasihat guru

Kunci Jawaban:             A
5





SKOR MAKSIMAL
100




4 komentar

sepertinya ini blog pendidikan ya mas, kalau bisa dikasih widget followernya mas, biar saya bisa mengikuti blog mas ahmad :)

bagaimana caranya kang ucup?
masalahnya saya baru mulai belajar nulis heheee....

nah itu sudah ada mas :)
sekarang ganti templatenya supaya responsive mas, biar blognya bisa diakses melalui smartphone juga

Kang sampean ada jual bibit kembang kol kah?


EmoticonEmoticon