Sabtu, 05 Juli 2014

Model RPP PAI SD Kelas I

Tags

   
   Sebagai seorang Pendidik membuat rencana pembelajaran itu sangat penting, supaya tujuan dari apa yang ingin kita ajarkan dapat diserap dengan baik oleh siswa, serta kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan tidak melenceng dari apa yang ingin kita sampaikan kepada anak didik kita.

       Ibarat sebuah permainan sepak bola, pemilihan strategi, pemilihan pemain bahkan rencana cadangan harus sudah kita siapkan. guna menghadapi situasi dan kondisi dilapangan yang sewaktu-waktu dapat berubah.

Berikut ini adalah contoh model RPP PAI SD kelas satu sesuai dengan kurikulum 2013, semoga dapat bermanfaat.


Contoh RPP PAI SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SD Negeri 2 Murung B
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                   :    I / I
Tema                                   :    Aku Cinta al-Qur’an
Subtema                              :    Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Alokasi Waktu                    :   2 pertemuan (8 Jam Pelajaran)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati  dan mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan 
                  sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa   
                  dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora 
dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang          
 kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  
      dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.1Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap

3.1.1 Menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.2 Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.3 Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah berharakat dengan benar

2
4.1    Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap

4.1.1   Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah denganb enar
4.1.2   Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakatdengan benar


C.  Tujuan Pembelajaran   

Pertemuan Pertama
      Peserta didik dapat:               
1.      Menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
2.      Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.      Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah berharakat dengan benar

Pertemuan Kedua
Peserta didik dapat:
1.      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
2.      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat dengan bena

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan Pertama      

a.    Huruf-huruf hijaiyyah

Sin
zai
ra
Żal
dal
kha
¥a
Jim
£a
ta
Ba
alif

Mim
lam
kaf
Qaf
Fa
gain
àin
§a
¯a
«ad
șad
syin

ya
hamzah
ha
wau
nun

b.   Huruf-huruf hijaiyah berharakat
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atau tasykil adalah tanda baca yang ditempatkan pada huruf Arab untuk memperjelas dalam pengucapan huruf tersebut.
Harakat dipakai untuk mempermudah cara membaca huruf Arab bagi orang awam, pemula atau pelajar dan biasanya dituliskan pada buku-buku pendidikan, buku anak-anak, kitab suci al-Quran, walaupun dalam penulisan sehari-hari tidak menggunakan harakat, karena pada umumnya orang Arab sudah paham dan mengerti akan tulisan yang mereka baca, namun kadang juga digunakan sebagai penekanan dari suatu kata terutama pada kata-kata yang kurang umum digunakan untuk menghindari kesalahaan pembacaan.

Pertemuan Kedua

Macam-macam Harakat

a.    Fathah

Fathah (فتحة) =         adalah harakat yang berbentuk layaknya garis horizontal kecil  yang berada di atas suatu huruf Arab yang melambangkan fonem /a/. Secara harfiah, fathah itu sendiri berarti membuka, layaknya membuka mulut saat mengucapkan fonem /a/. Ketika suatu huruf diberi harakat fathah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-a/, contohnya huruf lam (ل) diberi harakat fathah menjadi /la/ (لَ).

b.   Kasrah

Kasrah (كسرة) =         adalah harakat yang berbentuk layaknya garis horizontal kecil,  yang diletakkan di bawah suatu huruf arab, harakat kasrah melambangkan fonem /i/. Secara harfiah, kasrah bermakna melanggar. Ketika suatu huruf diberi harakat kasrah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-i/, contohnya huruf lam (ل) diberi harakat kasrahmenjadi /li/ (لِِِ).

c.    Damah
 

Dammah (ضمة) =              adalah harakat yang berbentuk layaknya huruf wau (و) yang diletakkan di atas suatu huruf arab ( ُ), harakat dammah melambangkan fonem /u/. Ketika suatu huruf diberi harakat dammah, maka huruf tersebut akan berbunyi /-u/, contohnya huruf lam (ل) diberi harakat dammah menjadi /lu/ (لُ).

E.       MetodePembelajaran

Metode:
1.    Tanya Jawab
2.    Drill (latihan)

Model :
Direct  Instruction(model pengajaranlangsung)
dipadukandengan model make a match (membuat/mencaripasangan),

F.       Media Pembelajaran
Poster tulisan
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

G.      Sumber Belajar
1.    Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
2.    Buku Belajar Huruf Hijaiyyah


H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (4 Jam Pelajaran)

No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi huruf hijaiyah dan harakatnya;
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui huruf hijaiyah dan harakatnya dengan benar;
f.      Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan huruf hijaiyah dan harakatnya secara berulang-ulang dengan benar.
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk tulisannya


20 menit
2.
Kegiatan Inti

a.    Mengamati
·      Guru mencoba secara acak menunjuk satu atau dua peserta didik untuk menyebutkan beberapa huruf hijaiyah dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat (media by desain). Peserta didik lainnya melihat dan menyimak penyebutan huruf hijaiyyah yang dilakukan oleh model yang ditunjuk. Selanjutnya guru memberikan penguatan.
·      Peserta didik secara individual maupun klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar di atas karton atau tayangan gambar tempat keluarnya huruf hijaiyyah sebagai berikut:



·      Berdasarkan gambar atau tayangan gambar, guru menyebutkan huruf hijaiyah per huruf dan harakatnya secara berulang, peserta didik mencermati baik secara individual ataupun klasikal.

b.    Menanya
·      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan yang berkaitan dengan jumlah huruf hijaiyyah huruf hijaiyyah daan harakatnya berdasarkan gambar atau tayangan gambar yang ditampilkan berikan oleh guru atau model
·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain. Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
·      Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan jumlah huruf hijaiyyah huruf dan harakatnya berdarkan gambar atau tayangan gambar.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi

Menyebutkan Huruf Hijaiyyah

·      Guru menyebutkan huruf hijaiyah secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya secara berulang.
·      Secara acak guru menunjuk peserta didik menyebutkan huruf hijaiyah.
·      Guru memberikan penguatan penyebutan huruf hijaiyah secara lengkap.
·      Dengan menggunakan model make a match, guru membagikan kertas—yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan harakatnya dicampur secara acak—kepada peserta didik, kemudian secara berkelompok atau berpasangan peserta didik saling mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu menyebutkan huruf yang akan dicari pasangannya.

Menyebutkan huruf hijaiyah berharakat
·      Guru menyebutkan hurufhijaiyah dengan harakat fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti olehs eluruh peserta didik secara berulang (lakukan 2-3 kali).
·      Penyebutan dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu menyebutkannya dengan benar
·      Selanjutnya, guru menyebutkan huruf hijaiyah dengan harakat kasrah, dan dammah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik (lakukan 2-3 kali)
·      Secara acak guru menunjuk peserta didik untuk menyebutkan huruf hijaiyah berharakat
·      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa pasangan maupun kelompok. Setiap peserta didik dalam pasangan maupun kelompok secara bergantian menyebutkan  huruf hijaiyyah berharakat secara bergantian dan yang lain memberikan penguatan.
·      Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk menyebutkan huruf hijaiyyah berharakat, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
·      Guru memberikan penguatan dengan kembali menyebutkan huruf hijaiyyah berharakat dan diikuti oleh peserta didik secara klasikal.

d.    Asosiasi
·      Secara individual maupun kelompok, peserta didik mengelompokkan huruf hijaiyah dan harakatnya
·      Selanjutnya, peserta didik baik secara individu maupun kelompok mengidentifikasi huruf hijaiyah dan harakatnya dari tingkat yang paling mudah dan sukar.



e.    Komunikasi.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang  macam-macam huruf hijaiyah dan harakatnya  baik secara kelompok maupun individual.
·      Peserta didik yang lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
  100 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya dengan baik;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit


Pertemuan Kedua (4 Jam Pelajaran)

No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi huruf hijaiyah dan harakatnya;
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnya dengan benar;
f.      Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya secara berulang-ulang dengan benar.
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya



20 menit
2.
Kegiatan Inti
f.     Mengamati
·      Guru mencoba secara acak menunjuk satuatau dua peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat (media by desain). Peserta didik lainnya melihat dan menyimak pelafalan huruf  hijaiyyah yang dilakukan oleh model yang ditunjuk. Selanjutnya guru memberikan penguatan.
·      Peserta didik secara individual maupun klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar di atas karton atau tayangan gambar tempat keluarnya huruf  hijaiyyah sebagai berikut:



·      Berdasarkan gambar atau tayangan gambar, guru mendemonstrasikan pelafalan huruf  hijaiyah per huruf secara berulang, peserta didik mencermati baik secara individual ataupun klasikal.

g.    Menanya
·      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan yang berkaitan dengan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalan dan tempat keluarnya lafal huruf hijaiyyah berdasarkan gambar atau tayangan gambar dan contoh pelafalan yang diberikan oleh guru atau model
·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain. Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
·      Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan jumlah huruf hijaiyyah, cara pelafalannya dan tempat keluarnya lafal huruf hijaiyyah berdarkan gambar atau tayangan gambar.

h.    Mengeksperimen/Mengexplorasi

Melafalkan Huruf Hijaiyyah

·      Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya. Pada waktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individual maupun klasikal sehingga selesai.

·      Secara acak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah.
·      Guru memberikan penguatan pelafalan huruf hijaiyah secara lengkap.
·      Dengan menggunakan model make a match, guru membagikan kertas—yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya dicampur secara acak—kepada peserta didik, kemudian secara berkelompok atau berpasangan peserta didik saling mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu melafalkan huruf yang akan dicari pasangannya.

Melafalkan huruf hijaiyah berharakat
·      Guru mendemonstrasikan pelafalan hurufhijaiyah dengan harakat fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik secara berulang (lakukan 2-3 kali).
·      Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·      Selanjutnya, mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat kasrah, dan damah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik (lakukan 2-3 kali)
·      Secara acak guru menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat
·      Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa pasangan maupun kelompok. Setiap peserta didik dalam pasangan maupun kelompok secara bergantian mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara bergantian dan yang lain memberikan penguatan.
·      Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
·      Guru memberikan penguatan dengan kembali mendemonstrasikan pelafan huruf hijaiyyah berharakat dan diikuti oleh peserta didik secara klasikal.

i.      Asosiasi
·      Secara individual maupun kelompok, peserta didik mengelompokkan pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
·      Selanjutnya, peserta didik baik secara individu maupun kelompok mengidentifikasi huruf  hijaiyah dan harakatnya dari tingkat yang paling mudah dan sukar.

j.     Komunikasi.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya  baik secara kelompok maupun individual.
·      Peserta yang lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
100 menit
3.
Penutup
a.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya;
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

I.         Penilaian Hasil Belajar

1.    Sikap spiritual (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
Terlampir
  1.  
Mengucapkan kalimat basmalah setiap mau memulai aktivitas
Terlampir

Instrumen: Terlampir


2.    Sikap social (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir

Instrumen: Terlampir

3.    Pengetahuan (Tes)
                            a.     Teknik Penilaian   :Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menyebutkan huruf hijaiyyah dan harakatnya
Sebutkan Huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar
  1.  
Melafkan huruf hijaiyyah dan harakatnya
Lafalkan huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar

Instrumen: Terlampir

4.  Tugas
·      Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
     Instrumen: Terlampir

5. Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf
























LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1          : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaiandiri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita dianjurkan untuk berdo’a






2
Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat basmalah.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------             
Skormaksimal



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………















Lampiran 2          : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiapkelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.      Membuat rekap penilaian untukt iap-tiap peserta didik





NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------                                                      
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).















Lampiran 3          : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:

I / Ganjil
KompetensiDasar
:

3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
       secara lengkap
4.2    Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap

Indikator
:

3.1.1   Menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.2   Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah dengan benar
3.1.3   Menunjukkan huruf-huruf hijaiyyah berharakat dengan benar.
4.2.1    Mendemonstrasikan pelafalan huruf-huruf hijaiyah dengan benar
4.2.2    Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakatdengan benar
TeknikPenilaian
:

Lisan.
Penilai
:

Guru

No.
Indikator

Instrumen
1.
Menyebutkan huruf hijaiyyah dan harakatnya

Sebutkan Huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar !
2.
Melafkan huruf hijaiyyah dan harakatnya

Lafalkan huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar !




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1
Menyebutkan huruf hijaiyyah dan harakatnya






2
Melafkan huruf hijaiyyah dan harakatnya






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------                                                        
Skormaksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar             :     Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.     Lancar                         :     Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.     Sedang                         :     Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.     Kurang lancar            :     Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan kurang lancar.
5.     Tidak lancar               :     Apabilapesertadidiktidakdapatmelafalkanhurufhijaiyah

















Lampiran 4          : Instrumen Penilaian penilaian diri (Aspek Pengetahuan)
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku biasa melafalkan huruf hijaiyyah


2.
Aku biasa melafalkan harakat huruf  hijaiyyah


3.
dst…..





Mengetahui,
Kepala SDN 2 Murung B



Abdullah. S.Pd
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI



Ahmad Junaidi Soleh. S.Pd.I
NIP. 198710162011011005


EmoticonEmoticon