Demi mempersiapkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 disini kan saya sampaikan mengenai contoh jurnal, Portofolio dan tes tertulis kurikulum 2013, semoga bermanfaat.
A. Contoh Jurnal
Jurnal PAI dan Budi Pekerti
Petunjuk (diisi oleh guru):
a)
Tulislah
identitas peserta didik yang diamati
b)
Tulislah
tanggal pengamatan
c)
Tulislah
aspek yang diamati oleh guru.
d)
Ceritakan
kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik baik yang merupakan kekuatan
peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru
terkait dengan Kompetensi Inti.
e)
Tulislah
dengan segera kejadian yang terjadi saat pengamatan.
f)
Setiap
kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g)
Simpanlah
kartu tersebut di dalam folder masing-masing peserta didik
Jurnal
Nama Peserta Didik :
…………………
Nomor peserta Didik :
………………….
Tanggal
: ………………….
Aspek yang diamati :
Spritual.
Kejadian :
|
|
|
|
Guru : ……………
Nilai Siswa : ……..
|
Petunjuk penskoran :
4=
|
apabila selalu melakukan kegiatan positif sesuai Kompetensi Inti
|
3=
|
sering, apabila sering melakukan kegiatan positif sesuai
Kompetensi Inti dan kadang-kadang
tidak melakukan
|
2=
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan kegiatan positif
sesuai Kompetensi Inti dan sering
tidak melakukan
|
1=
|
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan kegiatan positif
sesuai Kompetensi Inti
|
B. Contoh Portofolio
Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa tentang Contoh
Perilaku Sesuai KD
Kompetensi
Dasar: 4.1
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir,
4.2 Menyajikan contoh
perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi
Waktu : 1 Semester
Nama
Peserta Didik : Retno Zahrotin Nisa’
Kelas/Semester : VII/D (Ganjil)
No
|
Karya
peserta didik
|
Skor
|
Prestasi
|
Ket.
|
|
(1 – 4)
|
T
|
BT
|
|||
1.
|
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
3
|
√
|
|
|
2.
|
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: Al-Khabir
|
4
|
√
|
|
|
3.
|
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: As- Sami’
|
4
|
√
|
|
|
.4.
|
Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: Al-Bashir
|
3
|
√
|
|
|
5.
|
Contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
|
4
|
√
|
|
|
|
Total
Skor
|
18
|
|
|
|
Keterangan:
T
= tuntas
BT
= Belum tuntas
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :
Contoh Penilaian Portofolio PAI dan Budi Pekerti
Hasil Karya Siswa tentang Contoh
Perilaku Sesuai KD
Kompetensi
Dasar: 4.1
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir,
4.2 Menyajikan contoh perilaku
yang mencerminkan iman kepada malaikat.
Alokasi
Waktu : 1 Semester
Nama
Peserta Didik : Retno Zahrotin Nisa’
Kelas/Semester : VII/D (Ganjil)
No
|
Karya
peserta didik
|
Skor
|
|
||||
Tk
Prov.
|
Kab
|
kec
|
Sekolah
|
Kelas
|
|
||
|
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1.
|
Menghasilkan karya seni Islami ( seperti kaligrafi,media PAI,
film keagamaan dsb)
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berprestasi dibidang dakwah Islam ( seperti lomba pidato
Islam,cerpen Islam, Puisi Islam)
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengapresiasi kebudayaan Islam
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti acara PHBI
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menjadi peserta pentas pai
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
18
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T
= tuntas
BT
= Belum tuntas
Petunjuk
Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 18, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :
C. Contoh Tes Tertulis
Tabel 4. Contoh
Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Skor
|
1.
|
3.1.1.Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
Tes
Tulis
|
Isian
|
Arti dari al-Asmaul-Husna Al-’Alim adalah….
Kunci Jawaban:
artinya Maha Mengetahui. Allah Swt.
|
15
|
2.
|
3.1.2. Menyebutkan perilaku yang
dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
perilaku yang dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim !
Kunci Jawaban:
Kita harus terus-menerus bersemangant mencari ilmu-ilmunya
Allah Swt dengan cara belajar dan merenungi
ciptaan-Nya.
|
30
|
3
|
3.1.3. Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna: Al-Khabir
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan makna al-Asmaul-Husna: Al-Khabir !
Kunci Jawaban:
Al-Khab³r
artinya
Mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt.
menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang
Dia kehendaki.
|
30
|
4
|
3.1.4. Menyebutkan perilaku yang
dapat diwujudkan dalam mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir
|
Tes
Tulis
|
Benar
salah
|
Perilaku yang dapat diwujudkan dalam
mengimani al-Asmaul-Husna Al-Khabir adalah kita
harus teliti dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di
rumah, maupun di tempat lainnya. (B - S)
Kunci Jawaban : B
|
5
|
5
|
3.1.5. Menjelaskan makna
al-Asmaul-Husna as-Sami’
|
Tes
Tulis
|
Jawaban
Singkat
|
Allah Swt. Maha Mendengar suara apa pun
yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada
satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Allah Swt. Maha Mendengar
merupakan makna dari Asmaul-Husna apa?
Kunci
Jawaban: As- Sami”
|
10
|
6
|
3.1.6. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam
mengimani al-Asmaul-Husna as-Sami’
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Hasan selalu
berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatannya, karena ia yakin bahwa
Allah Swt. senantiasa mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan
dari keyakinannya bahwa Allah Swt. bersifat
A. al-‘Alim
B. al-
Khabir
C.
as-Sami³‘
D. al-Bashir
Kunci
Jawaban: C
|
5
|
7
|
3.1.7. Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna al-Bashir
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu
walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. pun melihat apa yang ada di bumi dan di
langit. Allah Maha Melihat merupakan makna
A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. as-Sami‘
D. al-Basir
Kunci
Jawaban: D
|
5
|
8
|
3.1.8. Menyebutkan perilaku yang dapat diwujudkan dalam
mengimani al-Asmaul-Husna al-Bashir
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Di
antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah
A.
introspeksi diri untuk kebaikan
B.
amar ma’ruf nahi munkar
C.
menjadi suri tauladan bagi orang lain
D.
mau mendengarkan nasihat guru
Kunci
Jawaban: A
|
5
|
|
|
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
4 komentar
sepertinya ini blog pendidikan ya mas, kalau bisa dikasih widget followernya mas, biar saya bisa mengikuti blog mas ahmad :)
bagaimana caranya kang ucup?
masalahnya saya baru mulai belajar nulis heheee....
nah itu sudah ada mas :)
sekarang ganti templatenya supaya responsive mas, biar blognya bisa diakses melalui smartphone juga
Kang sampean ada jual bibit kembang kol kah?
EmoticonEmoticon