Assalamu Alaikum
warohmatullahi wabarokaatuh…
Mengawali postingan di tahun 2018 ini
ana mau membagi sedikit mengenai hal yang berkaitan dengan RPP, khusus untuk
Kurikulum K13 , semoga bisa menambah pengetahuan kita mengenai penyusunan RPP
K13, , ,
Di
bawah ini ana share prinsip prinsip penyusunan RPP K13
Langsung aja cekidott.
. . . .
Prinsip penyusunan RPP adalah sebagai
berikut:
1. Setiap RPP harus secara utuh memuat kompetensi
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
2.
Satu RPP dapat dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan atau lebih.
3.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. RPP disusun dengan
memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi
belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau
lingkungan peserta didik.
4. Berpusat
pada peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi,
kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan berbagai pendekatan/model.
5. Berbasis
konteks. Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai
sumber belajar.
6.
Berorientasi kekinian. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7.
Mengembangkan kemandirian belajar. Pembelajaran yang memfasilitasi
peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8. Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran. RPP memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pembelajaran
pengayaan dan remedi dilakukan setelah evaluasi terhadap hasil belajar siswa
dilakukan.
9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan
antarkompetensi dan/atau antarmuatan. RPP disusun dengan memperhatikan
keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi,
materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam
satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan
pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar,
dan keragaman budaya.
10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi
dan kondisi.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita , ,
,amiieenn,,,
EmoticonEmoticon