Rabu, 17 Januari 2018

RPP pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1

Tags



Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh

kali ini saya akan mememberikan sedikit tentang RPP K13 kelas 4

monggo di sambil minum kopi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN 2 Murung B
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                   :    IV / I
Tema                                   :    Mari Belajar Surat al-Falaq
Alokasi Waktu                    :   3 x 4 Jam Pelajaran (3 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.


2.


3.
3.6 Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar


3.6.1 Menyebutkan arti al-Falaq
3.6.2 Menjelaskan 4 macam kejahatan yang disebutkan dalam Q.S. Al Falaq
3.6.3 Menyebutkan hikmah membaca Q.S. Al Falaq
4.
4.6.1        Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil

4.6.2        Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar

4.6.3        Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
6.1.1 Membacakan Q.S. Al Falaq dengan tartil
6.2.1 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq
6.3.1 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq

C.      Tujuan Pembelajaran   
Melalui model direct instruction peserta didik dapat:
Pertemuan 1
a. Membaca surah al-Falaq dengan tartil.

Pertemuan 2
b. Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq.

Pertemuan 3
c. Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.

D.      Materi Pembelajaran
Q.S. Al Falaq,      

E.       Metode Pembelajaran
1.    Tanya Jawab
2.    Diskusi
3.    Drill (latihan)

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
2.      Alat
a. Poster tulisan
b. Kartu bertuliskan Q.S. Al Falaq,
3.      Sumber Belajar
a. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD, Kemdikbud Jakarta, 2014, Hal. 1-9,
b. Buku Makhorijul Huruf

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Q.S. Al Falaq, dan harakatnya;
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui Q.S. Al Falaq,dengan benar;
f.      Menyampaikan cakupan Q.S. Al Falaq;
g.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan melafalkan Q.S. Al Falaq; secara berulang-ulang dengan benar.
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk tulisannya

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Sub Tema  A. Membaca Surah al-Falaq
1.  Guru memberi motivasi bagaimana kelebihan orang yang membaca al-Quran dengan  mengajak peserta didik mengamati dan menceritakan isi gambar.
2.  Guru menanyakan arti al-Falaq. Lihat buku teks
3.  Guru menanyakan manfaat  Surah al-Falaq. Lihat buku teks
4.  Guru menanyakan cerita yang terkandung di dalam  Surah al-Falaq.
5.  Peserta didik diminta membaca  surah al-Falaq bersama-sama dengan guru.
6.  Peserta didik mengamati penggalan  surah al-Falaq dan membacanya hingga mahir.
7.  Peserta didik membaca  surah al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sin dengan syin,   tsa dengan sin, tasyd³d, dan seterusnya.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk mendengarkan bacaan surah al-Falaq yang benar dari guru, audio atau TV. Kemudian peserta didik diminta menirukannya secara berulang.

Pertemuan 2
Sub Tema  B. Menghafal al-Falaq

1.  Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran dengan mengajak peserta didik untuk mengamati dan ceritakan gambar.
2.  Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat buku teks.
3.  Siapa di antara  kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.  Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5.  Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq.
6.  Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.

Pertemuan 3
Sub Tema C. Menulis Surah al-Falaq

1.  Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.  Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.  Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Kemudian menjelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
4.  Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.

Catatan umum.
Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensi (membaca, menghafal, menulis) Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat, dan senantiasa memberikan motivasi belajar.

  100 menit
3.
Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

H.      Penilaian

Pada penilaian kompetensi membaca Guru terlebih dahulu menentukan rentang nilainya.
Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu bobot dan skornya pun harus sama.
Pada penilaian kompetensi membaca  surah al-Falaq setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik,  sedang, kurang.

Ketentuan nilai masing-masing rentang sebagai berikut:
  Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 90 - 100
  Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 80 - 89
  Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang sesuai dengan kaidah (makhraj,  panjang-pendek). Rentang nilainya 70 - 78
  Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya   < 70

Format Penilaian Membaca al-Quran
Nama peserta didik: ________

No
Aspek Yang Dinilai
Rentang Nilai
1
2
3
4
1
Makhrajhuruf




2
Panjang Pendek bacaan




3
Kelancaran membaca




Skor




1 = kurang                2 = sedang           3 = baik             4 = sangat baik

Penilaian Sikap
Nama peserta didik: ________
No
Aspek
Rentang Nilai
1
2
3
4
1
Keterlibatan




2
Inisiatif




3
Perhatian




4
Tanggung jawab




Skor




1 = kurang                2 = sedang           3 = baik             4 = sangat baik

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal surah al-Falaq
No.
Nama Peserta Didik
Katagori
1
2
3
4
1





2





3





4





5





dst





1 = kurang      2 = sedang               3 = baik    4 = sangat baik

Keterangan:
Sangat baik     : Hafalan lancar, tart³l, lagu/berirama
Baik                : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang            : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang            : Hafalan tidak lancar

Rubrik penilaian sikap

No
Nama Peserta Dididk
Kriteria
Kerjasama
Kreatif
Partisipatif
Kreatif
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK























































Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan santun, dll.
Keterangan:
MK   =    Membudaya (apabila peserta    didik    terus    menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB   =    Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT    =    Mulai  terlihat (apabila  peserta  didik  sudah  memperlihatkan tanda-tanda  awal  perilaku  yang  dinyatakan  dalam  indikator namun belum konsisten).
BT     =    Belum terlihat  (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menulis Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
Skor
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang Baik
1.






2.






3.






dst







Keterangan
Sangat lancar  : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya jelas
Lancar             : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya sedikit kurang jelas.
Cukup             : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya kurang jelas.
Kurang            : Peletakan  huruf  dan  harakatnya  kurang  tepat,  tulisannya kurang jelas.

Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar  = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang            = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25

I. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca, menghafal, dan menulis  surah al-Falaq dengan tart³l, lancar, dan baik-benar) diminta untuk  mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru.
Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/ menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

J. Remidi
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik  kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali.
Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

K. Interaksi guru dan Orang Tua
Aktivitas peserta didik di sekolah sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya.
Komunikasi ini berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik.  Secara teknis, sekolah (guru) dan orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan komentar balasan dan paraf.

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................


EmoticonEmoticon