Kisi kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama
Islam Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2016/2017 sesuai dengan apa yang di
keluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) untuk kurikulum 2013
Kiranya dapat membantu sahabat pendidik di seluruh Indonesia,
semoga bermanfaat. . .
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang di Uji
|
Indikator soal
|
Soal no
|
1
2
3
4
5
6
|
Memahami pesan-pesan pokok
Q.S. al-Fatihah dan
Q.S. alIkhlas.
Memahami pesan-pesan pokok
Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
Memahami makna Q.S. an-Nasr
dan al-Kausar.
Memahami makna Q.S.
alFalaq, dan al-Fil
dengan baik dan benar.
Memahami makna Q.S
at-Tin
dan al-Ma‘un dengan benar.
Memahami makna Q.S.
alKafirun,al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 dengan benar.
|
Melengkapi bacaan Q.S. al-Fatihah, alIkhlas, an-Nas, al-‘Asr,
an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin, alMa‘un, al-Kafirun,
al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13
|
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas,
al-‘Asr, an Nasr, atau al-Kausar yang tidak lengkap, peserta didik dapat
melengkapi ayat tersebut dengan benar
|
1
|
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al Falaq, al-Fil, atTin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 yang tidak
lengkap, peserta didik dapat
melengkapi ayat tersebut dengan benar
|
2
|
|||
Mengurutkan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr,
al-Kausar, alFalaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, alKafirun
|
Disajikan secara acak beberapa ayat dari salah satu Q.S.
al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil,
at-Tin, al-Ma‘un, atau alKafirun, peserta didik dapat menentukan urutan ayat
dengan benar.
|
3
|
||
Menentukan hukum tajwid Q.S. alFatihah, al-Ikhlas, an-Nas,
al-‘Asr, anNasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3
dan al-Hujurat/49:12-13
|
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas,
an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, peserta didik dapat
menentukan hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi
dengan benar.
|
4
|
||
Disajikan beberapa ayat dari Q.S. al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan atau
alHujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan
hukum bacaan Qalqalah dengan benar
|
5
|
|||
Mengartikan ayat Q.S. al-Fatihah, alIkhlas, an-Nas, al-‘Asr,
an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin, alMa‘un, al-Kafirun,
al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13
|
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas,
an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fil, atTin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 atau alHujurat/49:12-13, peserta didik
dapat menentukan arti
yang sesuai dengan ayat dengan benar
|
6
|
||
|
Disajikan beberapa arti ayat dari Q.S. al-Fatihah, alIkhlas,
an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, alFil, at-Tin, al-Ma‘un,
al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan ayat yang
sesuai arti dengan benar
|
7
|
||
Disajikan tabel beberapa ayat dan arti dari Q.S. alFatihah,
al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar,al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13, peserta didik
dapat menentukan pasangan ayat dan arti dengan benar
|
7
|
|||
Disajikan tabel beberapa ayat dan arti dari Q.S. alFatihah,
al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar,al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13, peserta didik
dapat menentukan pasangan ayat dan arti dengan benar.
|
8
|
|||
Menunjukkan isi pokok Q.S. al-Falaq, alFil, at-Tin, al-Ma‘un,
al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13
|
Disajikan narasi tentang isi pokok salah satu dari Q.S. alFalaq,
al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 atau
al-Hujurat/49:12-13, peserta didik
dapat menentukan surah yang sesuai dengan narasi
dengan benar.
|
9
|
||
Disajikan kutipan ayat dari Q.S. al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 atau alHujurat/49:12-13,
peserta didik dapat menunjukkan isi
pokok surat/ayat tersebut dengan benar
|
10
|
|||
7
8
9
10
|
Memahami makna Asmaul
Husna: al-Wahhab, al-‘Alim,
dan as-Sami‘.
Memahami makna Asmaul
Husna: al-Basir, al-‘Adil, dan Al Azhim
Memahami makna Asmaul
Husna: al-Mumit,al-Hayy, al
Qayyum, dan al-Ahad.
Memahami makna
AsmaulHusna: as-Samad, alMuqtadir,al-Muqaddim, dan al-Baqi
|
Mengartikan asmaul husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami, al Basir,
Al-‘Adil,alAzim, al-Mumit, al-Hayy, al Qayyum, al-Ahad, as-Samad,
al-Muqtadir, alMuqaddim, dan al-Baqi.
|
Disajikan tabel tentang asmaul husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami,
al-Basir, Al-‘Adil, al-Azhim, al-Mumit,
al-Hayy, al-Qayyum, al-Ahad, as-Samad, al -Muqtadir,
al-Muqaddim, atau al-Baqi dan artinya yang tidak
lengkap, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut
dengan benar.
|
11
|
Menentukan contoh asma’ul husna al
Wahab, al Alim, as Sami, al Basir,
Al‘Adil, al Azim, al-Mumit, al-Hayy, alQayyum, al-Ahad, as-Samad,
alMuqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menentukan asmaul
husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami,al-Basir, Al-‘Adil,
al-Azhim, al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, al-Ahad, asSamad, al
-Muqtadir, al-Muqaddim, atau al-Baqi yang
sesuai dengan contoh dengan benar
|
12
|
||
11
|
Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
|
Menyebutkan tugas tugas malaikat
|
Disajikan pernyataan tentang
tugas malaikat, peserta didik dapat
menentukan nama malaikat
yang sesuai dengan tugasnya
dengan benar
|
13
|
12
|
Memahami makna iman kepada
rasul Allah Swt
|
Menentukan sifat-sifat rasul
|
Disajikan tabel yang
tidak lengkap tentang
sifat wajib, mustahil,
atau jaiz rasul, peserta didik dapat
melengkapi
tabel tersebut dengan benar
|
14
|
13
|
Memahami nama-nama rasul Allah dan rasul ulul azmi.
|
Menyebutkan nama-nama rasul
ulul azmi
|
Ditampilkan nama-nama rasul Allah, pesarta didik dapat menentukan
rasul ulul azmi dengan benar
|
15
|
14
|
Memahami Makna
diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman
|
Mengidentifikasi fungsi kitab Allah Swt
|
Disajikan pernyataan tentang
kitab Allah Swt,
peserta didik menentukan fungsi
kitab-kitab Allah Swt
dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
16
|
15
|
Memahami hikmah beriman
kepada hari akhir yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia.
|
Menentukan contoh kiamat
sugra atau
kubra.
|
Ditampilkan
contoh-contoh kiamat, peserta
didik dapat menentukan contoh
kiamat sugra atau
kubra dengan benar
|
17
|
Menentukan nama-nama hari akhir.
|
Disajikan deskripsi tentang
kejadian hari akhir,
peserta didik dapat menentukan
nama hari akhir
yang sesuai deskripsi dengan
benar
|
18
|
||
16
|
Memahami hikmah beriman
kepada qada dan qadar yang
dapat membentuk perilaku
akhlakmulia.
|
Menentukan contoh Qadha atau Qadar
|
Disajikan deskripsi tentang
qada dan qadar,
peserta didik dapat menentukan contoh qada atau qadar dengan benar.
|
19
|
Mengidentifikasi taqdir Allah
|
Disajikan
contoh-contoh kejadian dalam
kehidupan
sehari-hari, peserta didik
dapat menentukan beberapa
contoh takdir mubram atau mu’alak dengan benar
|
20
|
||
17
18
19
|
Memahami sikap santun dan
menghargai teman, baik di
rumah, sekolah, dan di
masyarakat sekitar.
Memahami sikap rendah hati.
Memahami perilaku hemat.
|
Menentukan contoh perilaku santun, menghargai teman, rendah hati
dan hemat di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
|
Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari
hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku santun, menghargai
teman, rendah hati dan perilaku hemat dengan benar
|
21
|
Mengidentifikasi perilaku santun,
menghargai teman, rendah hati atau
perilaku hemat di rumah, sekolah atau
masyarakat sekitar.
|
Disajikan kutipan kisah seseorang, peserta didik dapat
mengidentifikasi perilaku santun, menghargai teman,
rendah hati, atau hemat dengan benar
|
22
|
||
20
21
|
Memahami makna perilaku
jujur, dan amanah dalam
kehidupan sehari-hari.
Memahami makna perilaku
hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru.
|
Mengidentifikasi perilaku jujur, amanah,
hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru.
|
Disajikan beberapa contoh tentang perilaku terpuji, peserta didik
dapat menentukan contoh jujur, amanah,hormat, patuh kepada orang tua atau
guru dengan benar
|
23
|
Disajikan kutipan kisah tentang kehidupan sehar-hari, peserta
didik dapat menentukan akibat dari tidak berperilaku jujur, amanah, atau
tidak hormat dan patuh kepada orang tua atau guru dengan benar
|
24
|
|||
22
23
|
Memahami manfaat gemar
membaca.
Memahami makna sikap
pantang menyerah.
|
Mengidentifikasi hikmah gemar membaca dan pantang menyerah.
|
Disajikan beberapa pernyataan dalam kehidupan seharhari, peserta
didik dapat mengidentifikasi hikmah gemar membaca atau pantang menyerah
dengan benar
|
25
|
Menentukan perilaku gemar membaca dan pantang menyerah.
|
Disajikan beberapa contoh perbuatan seseorangdalam kehidupan
sehar-hari, peserta didik dapat menentukan ciri orang yang gemar membaca atau
pantang menyerah
|
26
|
||
24
25
26
27
|
Memahami makna saling
menghargai sesama manusia.
Memahami makna sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami makna Ikhlas
beramaI dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama
sebagai wujud dari pemahaman Q.S.al-Kafirun
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri perilaku menghargai, sederhana,
ikhlas, toleran, atau simpatik
|
Disajikan narasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat
mengidentifikasi ciri-ciri perilaku menghargai, sederhana, ikhlas, toleran,
atau simpatik dengan banar
|
27
|
Disajikan beberapa pernyataan dalam kehidupan seharhar, peserta
didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku orang yang bertentangn dengan sikap
menghargai,
sederhana, ikhlas, toleran, atau simpatik.
|
28
|
|||
Mengidentifikasi perilaku menghargai,
sederhana, ikhlas, toleran, atau simpatik
|
Disajikan contoh perbuatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku
menghargai, sederhana, ikhlas, toleran atau simpati
|
29
|
||
Disajikan kisah perbuatan
yang sering terjadi dimasyarakat, peserta didik dapat
mengidentifikasiperilaku toleran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S
al-Kafirun.
|
30
|
|||
28
|
Memahami makna zikir dan doa
setelah salat
|
Menentukan lafal zikir dan
doa setelah salat
|
Disajikan salah satu lafal zikir atau doa setelah salat, peserta
didik dapat menentukan lafal atau doa dengan benar
|
31
|
29
|
Memahami tata cara bersuci dari
hadas kecil sesuai
ketentuan
syari’at Islam.
|
Mengidentifikasi ketentuan wudu
|
Disajikan ketentuan-ketentuan wudu, peserta didik dapat
menentukan rukun wudu dengan benar
|
32
|
30
|
Memahami makna ibadah salat
|
Menentukan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah-sunah, dan
hal-hal yang membatalkan salat.
|
Disajikan deskripsi tentang salat, peserta didik dapat menentukan
syarat wajib, syarat syah, rukun, sunahsunah, atau hal-hal yang membatalkan
salat dengan
benar.
|
33
|
Disajikan beberapa ketentuan salat, peserta didik dapat
menentukan beberapa ketentuan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah salat
atau, hal-hal yang membatalkan salat dengan benar.
|
34
|
|||
31
|
Memahami hikmah puasa
Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.
|
Menentukan ketentuan puasa ramadhan
(syarat syah,s yarat wajib, rukun, sunah,
dan hal-hal yang
membatalkan puasa)
dan hikmah puasa
|
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat
menentukan syarat syah, s yarat wajib, rukun, sunah, atau hal-hal yang membatalkan puasa dengan
tepat.
|
35
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beribadah, peserta
didik dapat menentukan hikmah puasa dengan benar.
|
36
|
|||
32
|
Memahami pelaksanaan salat
tarawih dan tadarus al-Qur’an
|
Mengidentifikasi ketentuan salat tarawih.
|
Disajikan pernyataan tentang ketentuan salat sunah peserta didik
dapat menentukan beberapa pernyataan tentang ketentuan salat tarawih
|
37
|
Mengeidentifikasi adab tadurus al-Qur’an
|
Disajikan pernyataan
tentang tadarus al-Qur’an, peserta didik dapat menentukan adab tadarus
al-Qur’an dengan benar.
|
38
|
||
33
|
Memahami hikmah zakat, infaq,
dan sedekah sebagai
implementasi rukun Islam
|
Mengidentifikasi ketentuan zakat
|
Disajikan tabel tentang ketentuan zakat, peserta didik dapat
menentukan pasangan ketentuan zakat dengan benar
|
39
|
Menentukan hikmah zakat dan sadaqah.
|
Disajikan narasi tentang zakat dan shadaqah, peserta didik dapat
menentukan hikmah zakat dan sadaqah
|
40
|
||
34
35
36
37
38
|
Memahami kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Syu’aib a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Ibrahim a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Isma’il a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
|
Menentukan silsilah keluarga
Nabi
Muhammad saw, Yusuf as,
Syu’aib as, Ibrahim as, dan
Isma’il as
|
Disajikan deskripsi tentang
silsilah keluarga Nabi Muhammad saw, Yusuf as, Syu’aib as,
Ibrahim as, dan atau Isma’il as,
peserta didik dapat
menentukan nama ayah atau
ib, nenek, atau
hubungan keluarga dengan benar
|
41
|
Menentukan nama daerah
atau negara
tempat diutusnya Nabi Muhammad saw, Yusuf as,
Syu’aib as, Ibrahim
as, dan Isma’il as.
|
Disajikan deskripsi tentang
dakwah nabi, peserta didik dapat
menentukan nama daerah
atau negara tempat diutusnya
Nabi Muhammad saw,
Yusuf as, Syu’aib as, Ibrahim
as, atau Isma’il as.
|
42
|
||
39
40
41
42
43
|
Memahami kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Zulkifli a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Harun a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Musa a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
|
Mengidentifikasi
bukti-bukti kenabian Nabi Muhammad
saw, Ayyub as, Zulkifli as, Harun as dan Musa as
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang bukti-bukti
kenabian, peserta didik
dapat mengidentifikasi bukti kenabian Nabi
Muhammad saw, Ayyub
as, Zulkifli
as, Harun as,dan atau Musa as
|
43
|
44
|
Memahami kisah keteladanan
wali Songo
|
Memasangkan nama julukan
dengan nama asli, daerah
dakwah, atau
peninggalan/ajaran para tokoh
ulama penyebar Islam
|
Disajikan tabel nama
julukan Walisongo dengan nama
asli, daerah dakwah,
atau peninggalan/ajaran,
peserta didik dapat
memasangkan nama julukan dengan nama
asli, daerah dakwah,
atau
peninggalan/ajaran Walisongo dengan benar.
|
44
|
45
46
47
48
49
|
Memahami kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
|
Menentukan nama kaum
Nabi Muhammad saw, Dawud
as, Sulaiman as, Ilyas as,dan
Ilyasa as
|
Disajikan nama kaum
nabi, peserta didik
dapat menentukan nama kaum
Nabi Muhammad saw, Dawud as, Sulaiman as, Ilyas as,dan
Ilyasa as dengan
benar.
|
45
|
50
|
Memahami kisah keteladanan
Luqman sebagaimana terdapat
dalam al-Qur’an
|
Mengidentifikasi
pesan-pesan Luqman kepada
anaknya
|
Disajikan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat mengidentifikasi pesan-pesan
Luqman kepada anaknya dengan
benar
|
46
|
51
52
53
54
55
|
Memahami kisah keteladanan
Nabi Yunus a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Zakariya a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Yahya a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Isa a.s.
Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
|
Menentukan perilaku teladan
Nabi Muhammad saw, Yunus
as, Zakaria as,
Yahya as, dan Isa as.
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang perilaku teladan Nabi Muhammad saw, Yunus as, Zakaria as,
Yahya as, dan
atau Isa as.,
peserta didik dapat menentukan keteladanannya dengan
benar
|
47
|
Mengidentifikasi
tantangan dakwah
Nabi Muhammad saw,
Yunus as, Zakaria as, Yahya as,
dan Isa as
|
Disajikan beberapa tantangan
dakwah para nabi, peserta didik
dapat mengidentifikasi tantangan dakwah Nabi Muhammad saw, Yunus
as, Zakaria as,
Yahya as, atau Isa as. dengan benar.
|
48
|
||
56
|
Memahami kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw
|
Mengidentifikasi
kebijakan yang dilakukan oleh
sahabat Abu Bakar
ra, Umar bin Khattab
ra, Usman bin
Affan ra dan Ali bin Abi Thalib ra
|
Disajikan deskripsi tentang
kisah sahabat Nabi, peserta didik
dapat mengidentifikasi keberhasilan sahabat Abu
Bakar ra, Umar
bin Khattab ra,
Usman bin Affan ra dan atau Ali
bin Abi Thalib ra. Dengan benar.
|
49
|
57
|
Memahami kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana
terdapat dalam al-Qur’an
|
Menentukan nama, jumlah, lamanya
tertidur atau hikmah dibalik kisah
Ashabul Kahfi
|
Disajikan deskripsi tentang
Ashabul Kahfi, peserta didik menentukan
nama, jumlah, lamanya
tertidur atau hikmah dibalik
kisah Ashabul Kahfi
tersebut
dengan benar.
|
50
|
EmoticonEmoticon