Kamis, 25 Januari 2018

Kisi Kisi USBN PAI Sekolah Dasar Kurikulum 2013

Tags



Kisi kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2016/2017 sesuai dengan apa yang di keluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) untuk kurikulum 2013

Kiranya dapat membantu sahabat pendidik di seluruh Indonesia, semoga bermanfaat. . .


KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


No
Kompetensi Dasar
Kemampuan yang di Uji
Indikator soal
Soal no
1




2



3


4



5


6
Memahami  pesan-pesan  pokok
Q.S.  al-Fatihah  dan  Q.S. alIkhlas.


Memahami  pesan-pesan  pokok
Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.


Memahami makna Q.S. an-Nasr
dan al-Kausar.

Memahami  makna  Q.S.  alFalaq,  dan  al-Fil  dengan  baik dan benar.

Memahami  makna  Q.S  at-Tin
dan al-Ma‘un dengan benar.

Memahami  makna  Q.S.  alKafirun,al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 dengan benar.
Melengkapi bacaan Q.S. al-Fatihah, alIkhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin, alMa‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an Nasr, atau al-Kausar yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut dengan benar
1
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al Falaq, al-Fil, atTin, al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 yang tidak lengkap, peserta didik dapat
melengkapi ayat tersebut dengan benar
2
Mengurutkan Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, alFalaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, alKafirun
Disajikan secara acak beberapa ayat dari salah satu Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, atau alKafirun, peserta didik dapat menentukan urutan ayat dengan benar.
3
Menentukan hukum tajwid Q.S. alFatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, anNasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3
dan al-Hujurat/49:12-13
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas,
an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, peserta didik dapat
menentukan hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi
dengan benar.
4
Disajikan beberapa ayat dari Q.S. al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan atau alHujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan
hukum bacaan Qalqalah dengan benar
5
Mengartikan ayat Q.S. al-Fatihah, alIkhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, alKausar, al-Falaq, al-Fil, at-Tin, alMa‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Fatihah, al-Ikhlas,
an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fil, atTin, al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 atau alHujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan arti
yang sesuai dengan ayat dengan benar
6

Disajikan beberapa arti ayat dari Q.S. al-Fatihah, alIkhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, alFil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 dan
al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai arti dengan benar
7
Disajikan tabel beberapa ayat dan arti dari Q.S. alFatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar,al-Falaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan pasangan ayat dan arti dengan benar
7
Disajikan tabel beberapa ayat dan arti dari Q.S. alFatihah, al-Ikhlas, an-Nas, al-‘Asr, an-Nasr, al-Kausar,al-Falaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan pasangan ayat dan arti dengan benar.
8
Menunjukkan isi pokok Q.S. al-Falaq, alFil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13
Disajikan narasi tentang isi pokok salah satu dari Q.S. alFalaq, al-Fil, at-Tin, al-Ma‘un, al-Kafirun, alMaidah/5:2-3 atau al-Hujurat/49:12-13, peserta didik
dapat menentukan surah yang sesuai dengan narasi
dengan benar.
9
Disajikan kutipan ayat dari Q.S. al-Falaq, al-Fil, at-Tin,
al-Ma‘un, al-Kafirun, al-Maidah/5:2-3 atau alHujurat/49:12-13, peserta didik dapat menunjukkan isi
pokok surat/ayat tersebut dengan benar
10
7



8



9



10
Memahami makna Asmaul
Husna: al-Wahhab, al-‘Alim,
dan as-Sami‘.

Memahami makna Asmaul
Husna: al-Basir, al-‘Adil, dan Al Azhim

Memahami makna Asmaul
Husna: al-Mumit,al-Hayy, al
Qayyum, dan al-Ahad.

Memahami makna
AsmaulHusna: as-Samad, alMuqtadir,al-Muqaddim, dan al-Baqi
Mengartikan asmaul husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami, al Basir, Al-‘Adil,alAzim, al-Mumit, al-Hayy, al Qayyum, al-Ahad, as-Samad, al-Muqtadir, alMuqaddim, dan al-Baqi.
Disajikan tabel tentang asmaul husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami, al-Basir, Al-‘Adil, al-Azhim, al-Mumit,
al-Hayy, al-Qayyum, al-Ahad, as-Samad, al -Muqtadir,
al-Muqaddim, atau al-Baqi dan artinya yang tidak
lengkap, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut
dengan benar.
11
Menentukan contoh asma’ul husna al
Wahab, al Alim, as Sami, al Basir,
Al‘Adil, al Azim, al-Mumit, al-Hayy, alQayyum, al-Ahad, as-Samad, alMuqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi
dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menentukan asmaul
husna al-Wahab, al-‘Alim, as-Sami,al-Basir, Al-‘Adil,
al-Azhim, al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, al-Ahad, asSamad, al -Muqtadir, al-Muqaddim, atau al-Baqi yang
sesuai dengan contoh dengan benar
12
11
Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
Menyebutkan tugas tugas malaikat
Disajikan  pernyataan  tentang  tugas  malaikat,  peserta didik  dapat  menentukan  nama  malaikat  yang  sesuai dengan tugasnya dengan benar
13
12
Memahami makna iman kepada
rasul Allah Swt
Menentukan sifat-sifat rasul
Disajikan  tabel  yang  tidak  lengkap  tentang  sifat  wajib, mustahil, atau  jaiz rasul, peserta didik dapat melengkapi
tabel tersebut dengan benar
14
13
Memahami nama-nama rasul Allah dan rasul ulul azmi.
Menyebutkan  nama-nama  rasul  ulul azmi
Ditampilkan nama-nama rasul Allah, pesarta didik dapat menentukan rasul ulul azmi dengan benar
15
14
Memahami Makna
diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai
implementasi rukun iman
Mengidentifikasi fungsi kitab Allah Swt
Disajikan  pernyataan  tentang  kitab  Allah  Swt,  peserta didik  menentukan  fungsi  kitab-kitab  Allah  Swt  dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
16
15
Memahami hikmah beriman
kepada hari akhir yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia.
Menentukan  contoh  kiamat  sugra  atau
kubra.
Ditampilkan  contoh-contoh  kiamat,  peserta  didik  dapat menentukan  contoh  kiamat  sugra  atau  kubra  dengan benar
17
Menentukan nama-nama hari akhir.
Disajikan  deskripsi  tentang  kejadian  hari  akhir,  peserta didik   dapat  menentukan  nama  hari  akhir  yang  sesuai deskripsi dengan benar
18
16
Memahami hikmah beriman
kepada qada dan qadar yang
dapat membentuk perilaku
akhlakmulia.
Menentukan contoh Qadha atau Qadar
Disajikan  deskripsi  tentang  qada  dan  qadar,  peserta didik dapat menentukan contoh qada atau qadar dengan benar.
19
Mengidentifikasi taqdir Allah
Disajikan  contoh-contoh  kejadian  dalam  kehidupan
sehari-hari,  peserta  didik  dapat  menentukan  beberapa
contoh takdir mubram atau mu’alak dengan benar



20
17






18


19
Memahami sikap santun dan
menghargai teman, baik di
rumah, sekolah, dan di
masyarakat sekitar.



Memahami sikap rendah hati.


Memahami perilaku hemat.
Menentukan contoh perilaku santun, menghargai teman, rendah hati dan hemat di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku santun, menghargai teman, rendah hati dan perilaku hemat dengan benar
21
Mengidentifikasi perilaku santun,
menghargai teman, rendah hati atau
perilaku hemat di rumah, sekolah atau
masyarakat sekitar.
Disajikan kutipan kisah seseorang, peserta didik dapat
mengidentifikasi perilaku santun, menghargai teman,
rendah hati, atau hemat dengan benar
22
20




21
Memahami makna perilaku
jujur, dan amanah dalam
kehidupan sehari-hari.


Memahami makna perilaku
hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru.
Mengidentifikasi perilaku jujur, amanah,
hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru.
Disajikan beberapa contoh tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh jujur, amanah,hormat, patuh kepada orang tua atau guru dengan benar
23
Disajikan kutipan kisah tentang kehidupan sehar-hari, peserta didik dapat menentukan akibat dari tidak berperilaku jujur, amanah, atau tidak hormat dan patuh kepada orang tua atau guru dengan benar
24
22




23

Memahami manfaat gemar
membaca.



Memahami makna sikap
pantang menyerah.
Mengidentifikasi hikmah gemar membaca dan pantang menyerah.
Disajikan beberapa pernyataan dalam kehidupan seharhari, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah gemar membaca atau pantang menyerah dengan benar
25
Menentukan perilaku gemar membaca dan pantang menyerah.
Disajikan beberapa contoh perbuatan seseorangdalam kehidupan sehar-hari, peserta didik dapat menentukan ciri orang yang gemar membaca atau pantang menyerah
26
24



25



26



27
Memahami makna saling
menghargai sesama manusia.


Memahami makna sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.


Memahami makna Ikhlas
beramaI dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami sikap toleran dan
simpatik terhadap sesama
sebagai wujud dari pemahaman Q.S.al-Kafirun
Mengidentifikasi  ciri-ciri  perilaku menghargai,  sederhana,  ikhlas,  toleran, atau simpatik
Disajikan narasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri perilaku menghargai, sederhana, ikhlas, toleran, atau simpatik dengan banar
27
Disajikan beberapa pernyataan dalam kehidupan seharhar, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku orang yang bertentangn dengan sikap menghargai,
sederhana, ikhlas, toleran, atau simpatik.
28
Mengidentifikasi perilaku menghargai,
sederhana, ikhlas, toleran, atau simpatik
Disajikan contoh perbuatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku  menghargai, sederhana, ikhlas, toleran atau simpati
29
Disajikan kisah  perbuatan yang sering terjadi dimasyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasiperilaku toleran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S al-Kafirun.
30
28
Memahami makna zikir dan doa
setelah salat
Menentukan lafal  zikir dan doa setelah salat
Disajikan salah satu lafal zikir atau doa setelah salat, peserta didik dapat menentukan lafal atau doa dengan benar
31
29
Memahami tata cara bersuci dari
hadas kecil  sesuai ketentuan
syari’at Islam.
Mengidentifikasi ketentuan wudu
Disajikan ketentuan-ketentuan wudu, peserta didik dapat menentukan rukun wudu dengan benar


32
30
Memahami makna ibadah salat
Menentukan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah-sunah, dan hal-hal yang membatalkan salat.
Disajikan deskripsi tentang salat, peserta didik dapat menentukan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunahsunah, atau hal-hal yang membatalkan salat dengan
benar.
33
Disajikan beberapa ketentuan salat, peserta didik dapat menentukan beberapa ketentuan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah salat atau, hal-hal yang membatalkan salat dengan benar.
34
31
Memahami hikmah puasa
Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.
Menentukan ketentuan puasa ramadhan
(syarat syah,s yarat wajib, rukun, sunah,
dan hal-hal  yang membatalkan puasa)
dan hikmah puasa
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat menentukan syarat syah, s yarat wajib, rukun, sunah, atau hal-hal  yang membatalkan puasa dengan
tepat.
35
Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beribadah, peserta didik dapat menentukan hikmah puasa dengan benar.
36
32
Memahami pelaksanaan salat
tarawih dan tadarus al-Qur’an
Mengidentifikasi ketentuan salat tarawih.
Disajikan pernyataan tentang ketentuan salat sunah peserta didik dapat menentukan beberapa pernyataan tentang ketentuan salat tarawih
37
Mengeidentifikasi adab tadurus al-Qur’an
Disajikan  pernyataan tentang tadarus al-Qur’an, peserta didik dapat menentukan adab tadarus al-Qur’an dengan benar.
38
33
Memahami hikmah zakat, infaq,
dan sedekah sebagai
implementasi rukun Islam
Mengidentifikasi ketentuan zakat
Disajikan tabel tentang ketentuan zakat, peserta didik dapat menentukan pasangan ketentuan zakat dengan benar
39
Menentukan hikmah zakat dan sadaqah.
Disajikan narasi tentang zakat dan shadaqah, peserta didik dapat menentukan hikmah zakat dan sadaqah
40
34


35


36


37


38
Memahami kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Syu’aib a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Ibrahim a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Isma’il a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
Menentukan  silsilah  keluarga  Nabi
Muhammad  saw, Yusuf  as,  Syu’aib  as, Ibrahim as, dan Isma’il as
Disajikan  deskripsi  tentang  silsilah  keluarga  Nabi Muhammad saw, Yusuf as, Syu’aib as, Ibrahim as, dan atau  Isma’il  as,  peserta  didik  dapat  menentukan  nama ayah  atau  ib,  nenek,  atau  hubungan  keluarga  dengan benar
41
Menentukan  nama  daerah  atau  negara
tempat diutusnya Nabi Muhammad saw, Yusuf  as,  Syu’aib  as,  Ibrahim  as,  dan Isma’il as.
Disajikan  deskripsi  tentang  dakwah  nabi,  peserta didik  dapat  menentukan  nama  daerah  atau  negara tempat  diutusnya  Nabi  Muhammad  saw,  Yusuf  as, Syu’aib as, Ibrahim as, atau Isma’il as.
42
39


40


41


42


43
Memahami kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Zulkifli a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Harun a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Musa a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
Mengidentifikasi  bukti-bukti  kenabian Nabi  Muhammad  saw,  Ayyub  as, Zulkifli as, Harun as dan Musa as
Disajikan   beberapa  pernyataan  tentang  bukti-bukti kenabian,  peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  bukti kenabian  Nabi  Muhammad  saw,  Ayyub  as,  Zulkifli
as, Harun as,dan atau Musa as
43
44
Memahami  kisah  keteladanan
wali Songo
Memasangkan  nama  julukan  dengan nama  asli,  daerah  dakwah,  atau peninggalan/ajaran   para  tokoh  ulama penyebar Islam
Disajikan  tabel  nama  julukan  Walisongo  dengan nama  asli,  daerah  dakwah,  atau  peninggalan/ajaran, peserta  didik  dapat  memasangkan  nama  julukan dengan  nama  asli,  daerah  dakwah,  atau
peninggalan/ajaran Walisongo dengan benar.
44
45


46


47


48


49
Memahami kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s.

Memahami kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s.

Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Muhammad saw
Menentukan  nama  kaum  Nabi Muhammad  saw,  Dawud  as,  Sulaiman as, Ilyas as,dan Ilyasa as
Disajikan  nama  kaum  nabi,  peserta  didik  dapat menentukan  nama  kaum  Nabi  Muhammad  saw, Dawud as, Sulaiman as, Ilyas as,dan Ilyasa as dengan
benar.
45
50
Memahami  kisah  keteladanan
Luqman  sebagaimana  terdapat
dalam al-Qur’an
Mengidentifikasi  pesan-pesan  Luqman kepada anaknya
Disajikan  beberapa  pernyataan,  peserta  didik  dapat mengidentifikasi  pesan-pesan  Luqman  kepada anaknya dengan benar
46
51


52


53


54


55
Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Yunus a.s.

Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Zakariya a.s.

Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Yahya a.s.

Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Isa a.s.

Memahami  kisah  keteladanan
Nabi Muhammad saw
Menentukan  perilaku  teladan  Nabi Muhammad  saw,  Yunus  as,  Zakaria  as,
Yahya as, dan Isa as.
Disajikan  beberapa  pernyataan  tentang  perilaku teladan  Nabi Muhammad saw, Yunus as, Zakaria as, Yahya  as,  dan  atau  Isa  as.,  peserta  didik  dapat menentukan keteladanannya dengan benar
47
Mengidentifikasi  tantangan  dakwah
Nabi  Muhammad  saw,  Yunus  as, Zakaria as, Yahya as, dan Isa as
Disajikan  beberapa  tantangan  dakwah  para  nabi, peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  tantangan dakwah Nabi Muhammad saw, Yunus as, Zakaria as,
Yahya as, atau Isa as. dengan benar.
48
56
Memahami  kisah  keteladanan
sahabat-sahabat  Nabi
Muhammad saw
Mengidentifikasi  kebijakan  yang dilakukan  oleh  sahabat  Abu  Bakar  ra, Umar  bin  Khattab  ra,  Usman  bin  Affan ra dan Ali bin Abi Thalib ra
Disajikan  deskripsi  tentang  kisah  sahabat  Nabi, peserta  didik  dapat  mengidentifikasi  keberhasilan sahabat  Abu  Bakar  ra,  Umar  bin  Khattab  ra,  Usman bin Affan ra dan atau  Ali bin Abi Thalib  ra.  Dengan benar.
49
57
Memahami  kisah  keteladanan
Ashabul  Kahfi  sebagaimana
terdapat dalam al-Qur’an
Menentukan nama, jumlah, lamanya
tertidur atau hikmah dibalik kisah
Ashabul Kahfi
Disajikan  deskripsi  tentang  Ashabul  Kahfi,  peserta didik  menentukan   nama,  jumlah,  lamanya  tertidur atau  hikmah  dibalik  kisah  Ashabul  Kahfi  tersebut
dengan benar.
50


EmoticonEmoticon