Jumat, 05 Januari 2018

Tips Mengatasi Kelas yang kurang kondusif

Tags

Assalaamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah Swt. karena kesehatan merupakan modal utama kita selai harta benda,

pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi kelas yang tidak kondusif atau kurang kondusif. suasana kelas yang ribut dengan tata letak meja kursi yang berantakan tentunya akan mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di kelas. oleh karena itu seorang guru di tuntut memiliki kemampuan dalam mengelola kelas tersebut.

suasana dan gaya mengajar seorang guru akan mempengaruhi minat serta kemauan siswa dalam mengikutin kegiatan pembelajaran, model pembelajaran yang monoton seperti ceramah dan mencatat pelajaran akan membuat siswa menjadi bosan, sehingga minat belajar siswa akan berkurang, tentunya guru di tuntut agar dapat menggunakan model pembelajaran dan gaya mengajar yang sesuai dengan materi dan keadaan siswa. dengan model pembelajaran yang variatif akan menambah semangat dan rasa ingin tahu siswa dalam mengikuti pelajan.

dari uraian singkat di atas beberapa hal yang dapat di coba dalam mengatasi kelas yang kurang kondusif antara lain:
  1. penyusunan tempat duduk siswa yang bervasiasi, bukan hanya tertuju kesatu arah saja, tapi bisa di coba dengan susunan bentuk U, lingkaran, atau saling berhadapan, tentunya hal ini disesuaikan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari.
  2. metode belajar atau model pembelajaran yang dipakai oleh guru harus sesuai dengan materi yang di ajarkan, apakah siswa di ajak berdiskusi kelompok, kegiatan praktik lapangan, pentas drama atau metode lain yang membuat materi pelajaran dapat diserap dengan mudah oleh para siswa.
  3. menciptakan suasana yang nyaman, seorang guru di tuntut untuk dapat menghadirkan suasana yang nyaman dalam kegiatan pembelajaran , masing masing siswa merasa bersemangat ketika memasuki kelas dan dalam keadaan siap untuk mengikuti pelajaran
  4. kelas yang kondusif bukannya kelas yang hening seperti kuburan, tapi cukup aktif dan dinamis dalam membahas materi pelajaran, jadi jangan melarang siswa yang banyak bertanya, banyak bicara , aktif selama semua itu masih dalam lingkup materi pelajaran
nah mungkin itu beberapa tips dari saya semoga bisa bermanfaat dan dapat di praktekkan dalam dunia pendidikan,,,

"hal yang membanggakan itu bukan kita dapat harta berlimpah, tapi cukup kita berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi sesama"

semangat belajar para pendidik di seluruh indonesia
wassalaamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. . .


EmoticonEmoticon