Jumat, 05 Januari 2018

Manajemen Kelas

Tags

Assalaamu alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Semoga Allah Swt. selalu memberikan kesehatan kepada kita semua serta kita selalu mendapat lindungan-Nya.
kali ini saya akan membahas mengenai manajemen kelas, dimana pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor keberhasilan pembelajaran, kelas yang kondusif akan menunjang siswa sereta guru dalam mencapai tujuan pendidikan.

Manajemen kelas merupakan salah satu pengalaman mengajar yang paling ditakuti, terutama oleh para guru baru. Bagi para siswa, lemahnya manajemen kelas dapat mengakibatkan menurunnya kualitas pembelajaran. Sedangkan bagi guru, tiadanya kendali atas suasana belajar di kelas bisa menimbulkan stress, rasa tidak bahagia, kurang percaya diri sebagai pendidik dan jika hali ini berlangsung terus menerus, bisa membuat individu guru meninggalkan profesi bermartabat ini.

Manajemen kelas bukanlah sekedar sebuah pengetahuan yang dapat dipelajari, melainkan juga dapat dipraktikkan dalam praktik mengajar harian di kelas. Untuk itu, para guru perlu mengetahui apa saja tips-tips yang diperlukan agar memiliki penguasaan kelas yang baik untuk mengurangi berbagai perilaku indisipliner, kekacauan kelas, dan meminimalkan unsur-unsur yang mengganggu proses belajar mengajar, sehingga suasana belajar menjadi lebih kondusif

Kumpulan animasi bbm bergerak lucu terbaru

berikut ini beberapa tips dalam memenejemen sebuah kelas:
  1. menghadirkan suasana humor. ketika sebuah kelas sedang dalam keadaan tegang maka setiap anggota kelas pasti akan merasakan kejenuhan bahkan kebosanan, hal ini akan menimblkan ninat belajar menjadi berkurang, nah memunculkan humor pada saat seperti ini akan membuat kelas menjadi kembali cair.
  2. memberikan hadiah. ini akan menimbulkan rasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran oleh seluruh siswa, dimana siswa yang aktif dan berprilaku baik akan mendapatkan hadiah. ini lambat laun akan menjadi kebiasaan yang baik bagi seluruh siswa meskipun hadiah sudah tidak kita berikan.
  3. Memulai pelajaran dengan semangat. sebisa mungkin guru dapat menimbulkan semangat belajar bagi semua siswa, siswa dikondisikan untuk siap mengikuti pelajaran, baik dengan menggunakan yel yel ataupaun icebreking sehingga perasaan setiap siswa dapat membuka diri dalam menerima materi pelajaran
  4. adil terhadap semua siswa. guru mestinya memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa, baik yang duduk dipaling muka maupun yang di belakang. oleh karena itu penyusunan tempat duduk sangat mempengaruhi proses belajar mengajar. memberi rasa keadilan bagi siwa yang pandai dan yang kurang pandai, perhatian sekecil apapun akan mempengaruhi siswa dalam mengikuti pelajaran.
nah semoga dengan beberapa tips manajemen kelas di atas dapat membantu rekan rekan guru seluruh Indonesia dalam mengelola dan mengatur kelas. semoga bermanfaat

Animasi terbaru


EmoticonEmoticon