Assalaamu alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh
Semoga Allah Swt. selalu memberikan kesehatan kepada kita semua serta kita selalu mendapat lindungan-Nya.
kali ini saya akan membahas mengenai manajemen kelas, dimana pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor keberhasilan pembelajaran, kelas yang kondusif akan menunjang siswa sereta guru dalam mencapai tujuan pendidikan.
Manajemen kelas bukanlah sekedar sebuah
pengetahuan yang dapat dipelajari, melainkan juga dapat dipraktikkan
dalam praktik mengajar harian di kelas. Untuk itu, para guru perlu
mengetahui apa saja tips-tips yang diperlukan agar memiliki penguasaan
kelas yang baik untuk mengurangi berbagai perilaku indisipliner,
kekacauan kelas, dan meminimalkan unsur-unsur yang mengganggu proses
belajar mengajar, sehingga suasana belajar menjadi lebih kondusif
berikut ini beberapa tips dalam memenejemen sebuah kelas:
Semoga Allah Swt. selalu memberikan kesehatan kepada kita semua serta kita selalu mendapat lindungan-Nya.
kali ini saya akan membahas mengenai manajemen kelas, dimana pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor keberhasilan pembelajaran, kelas yang kondusif akan menunjang siswa sereta guru dalam mencapai tujuan pendidikan.
Manajemen kelas merupakan salah satu pengalaman
mengajar yang paling ditakuti, terutama oleh para guru baru. Bagi para
siswa, lemahnya manajemen kelas dapat mengakibatkan menurunnya kualitas
pembelajaran. Sedangkan bagi guru, tiadanya kendali atas suasana
belajar di kelas bisa menimbulkan stress, rasa tidak bahagia, kurang
percaya diri sebagai pendidik dan jika hali ini berlangsung terus
menerus, bisa membuat individu guru meninggalkan profesi bermartabat
ini.
berikut ini beberapa tips dalam memenejemen sebuah kelas:
- menghadirkan suasana humor. ketika sebuah kelas sedang dalam keadaan tegang maka setiap anggota kelas pasti akan merasakan kejenuhan bahkan kebosanan, hal ini akan menimblkan ninat belajar menjadi berkurang, nah memunculkan humor pada saat seperti ini akan membuat kelas menjadi kembali cair.
- memberikan hadiah. ini akan menimbulkan rasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran oleh seluruh siswa, dimana siswa yang aktif dan berprilaku baik akan mendapatkan hadiah. ini lambat laun akan menjadi kebiasaan yang baik bagi seluruh siswa meskipun hadiah sudah tidak kita berikan.
- Memulai pelajaran dengan semangat. sebisa mungkin guru dapat menimbulkan semangat belajar bagi semua siswa, siswa dikondisikan untuk siap mengikuti pelajaran, baik dengan menggunakan yel yel ataupaun icebreking sehingga perasaan setiap siswa dapat membuka diri dalam menerima materi pelajaran
- adil terhadap semua siswa. guru mestinya memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa, baik yang duduk dipaling muka maupun yang di belakang. oleh karena itu penyusunan tempat duduk sangat mempengaruhi proses belajar mengajar. memberi rasa keadilan bagi siwa yang pandai dan yang kurang pandai, perhatian sekecil apapun akan mempengaruhi siswa dalam mengikuti pelajaran.
EmoticonEmoticon