Assalamu Alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
kali ini saya akan menyampaikan mengenai kompetensi Inti (KI) dalam RPP Kurikulum 2013, apa dan bagaimana sebenarnya KI tersebut, oleh karena itu rekan pendidik dapat menyimak uraian singkat mengenai Kompetensi Inti, selamat membaca. . .cekidooottt....
Kompetensi Inti
Kompetensi Inti
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk
mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta
didik SD/MI pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap
kelas/usia tertentu. Melalui Kompetensi Inti, sinkronisasi horisontal berbagai
Kompetensi Dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain
itu sinkronisasi vertikal berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang
sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.
Rumusan Kompetensi Inti
menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi
Inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi
Inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi
Inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi
Inti keterampilan.
Uraian tentang
Kompetensi Inti untuk jenjang SD/MI kelas I dan IV dapat
dilihat pada tabel
berikut:
Kompetensi
Inti
|
Kelas
I
|
Kelas
IV
|
Sikap
Spiritual
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
Menerima
dan menjalankan ajaran
agama
yang dianutnya
|
Sikap
Sosial
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin,
tanggung
jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin,
tanggung
jawab, santun, peduli,
dan
percaya diri dalam berinteraksi
dengan
keluarga, teman, dan guru
|
Pengetahuan
|
Memahami
pengetahuan
factual
dengan cara mengamati
[mendengar,
melihat, membaca]
dan
menanya berdasarkan
rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya,
dan benda-benda
yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Memahami
pengetahuan factual
dengan
cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya
berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
Keterampilan
|
Menyajikan
pengetahuan faktual
dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
|
Menyajikan
pengetahuan factual
dalam
bahasa yang jelas, sistematis
dan
logis, dalam karya yang estetis,
dalam
gerakan yang mencerminkan
anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
EmoticonEmoticon