Sabtu, 06 Januari 2018

kompetensi Inti Dalam RPP K13

Tags





Assalamu Alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
 

 


      kali ini saya akan menyampaikan mengenai kompetensi Inti (KI) dalam RPP Kurikulum 2013, apa dan bagaimana sebenarnya KI tersebut, oleh karena itu rekan pendidik dapat menyimak uraian singkat mengenai Kompetensi Inti, selamat membaca. . .cekidooottt....


Kompetensi Inti

Kompetensi Inti Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SD/MI pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas/usia tertentu. Melalui Kompetensi Inti, sinkronisasi horisontal berbagai Kompetensi Dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1.  Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual;
2.  Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial;
3.  Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan; dan
4.  Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang SD/MI kelas I dan IV dapat
dilihat pada tabel berikut:

Kompetensi Inti
Kelas I
Kelas IV
Sikap Spiritual
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
Sikap Sosial
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
Pengetahuan
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Memahami pengetahuan factual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Keterampilan
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Menyajikan pengetahuan factual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia



 


EmoticonEmoticon