setelah saya share mengenai Kisi Kisi Ujian Praktik PAI, pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan mengenai Panduan Ujian Praktik itu sendiri,,,
semoga bisa bermanfaat bagi rekan pendidik sekalian. . .
PANDUAN
UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
I. Materi Ujian Praktik
A. Aspek Al-Qur’an
1. Kompetensi Dasar ;
- - membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
- - membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S al-Fīl dengan tartil
- - membaca Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan tartīl
- - membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13 dengan jelas dan benar
- - menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar
- - menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S al-Fīl dengan benar
- - menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar
- - menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al- Maidah /5:2-3 danQ.S. al- Hujurat/49 :12-13 dengan benar
- - menunjukkan hafalan Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan lancar
- - menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S al-Fīl dengan lancar
- - menunjukkan hafalan Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar
- - menunjukkan hafalan Q.S. Al- Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. alHujurat/49:12-13 dengan benar
2. Kemampuan yang Diuji:
a)
Membaca
salah satu surat pilihan yaitu Q.S. an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fīl,
atTīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat pilihan yaitu Q.S. Al-Maidah/5:2-3
dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13
b)
Menulis salah satu surat pilihan yaitu Q.S.
an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fīl, atTīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat
pilihan yaitu Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13
c)
Menghafal salah satu surat pilihan yaitu Q.S.
an-Nasr, al-Kausar, al-Falaq, al-Fīl, atTīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat
pilihan yaitu Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13
3. Indikator:
a)
Peserta
didik dapat membaca salah satu surat pilihan yaitu Q.S. an-Nasr, al-Kausar,
al-Falaq, al-Fīl, at-Tīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat pilihan yaitu Q.S.
AlMaidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13 denganjelas dan benar
b)
Peserta
didik dapat menulis salah satu surat pilihan yaitu Q.S. an-Nasr, al-Kausar,
alFalaq, al-Fīl, at-Tīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat pilihan yaitu Q.S.
AlMaidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13 denganbenar
c)
Peserta
didik dapat menghafal salah satu surat pilihan yaitu Q.S. an-Nasr, al-Kausar,
al-Falaq, al-Fīl, at-Tīn, al-Mā’ūn, dan Al-Kafirun atau ayat pilihan yaitu Q.S.
AlMaidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49 : 12-13 denganbenar
4. Materi
a)
Membaca
Membaca satu surah pendek pilihan
atau ayat pilihan, yaitu sebagai berikut :
1.
Q.S.
an-Nasr
2.
Q.S.
al-Kausar
3.
Q.S.
al-Falaq
4.
Q.S.
al-Fīl
5.
Q.S.
at-Tīn
6.
Q.S.
al-Mā’ūn
7.
Q.S.
Al-Kafirun
8.
Q.S.
Al-Maidah/5:2-3
9.
Q.S.
al- Hujurat/49 : 12-13
b)
Menulis
Menulis satu surah pendek pilihan
atau ayat pilihan, yaitu sebagai berikut :
1. Q.S. an-Nasr
2. Q.S. al-Kausar
3. Q.S. al-Falaq
4. Q.S. al-Fīl
5. Q.S. at-Tīn
6. Q.S. al-Mā’ūn
7. Q.S. Al-Kafirun
8. Q.S. Al-Maidah/5:2-3
9. Q.S. al- Hujurat/49 :
12-13
c)
Menghafal
Menghafal satu surah pendek pilihan
atau ayat pilihan, yaitu sebagai berikut :
1. Q.S. an-Nasr
2. Q.S. al-Kausar
3. Q.S. al-Falaq
4. Q.S. al-Fīl
5. Q.S. at-Tīn
6. Q.S. al-Mā’ūn
7. Q.S. Al-Kafirun
8. Q.S. Al-Maidah/5:2-3
9. Q.S. al- Hujurat/49 :
12-13
4. Aspek Penilaian
a.
Membaca
Aspek
yang dinilai : Fasih, tajwid dan kelancaran membaca
b.
Menulis
Aspek
yang dinilai : Ketepatan huruf dan kerapian
c.
Menghafal
Aspek
yang dinilai : Fasih, tajwid dan kelancaran
A. Aspek Fiqih
1.
Kompetensi
Dasar :
a. mempraktikkan wudu dan
doanya dengan tertib dan benar
b. mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
c. mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah salat secara benar
2.
Kemampuan
yang diuji:
a. Mempraktikkan wudhu dengan baik dan benar.
b. Mempraktikkan shalat lima waktu dengan tertib, tuma’ninah, dan
benar.
c. Mempraktikkan zikir dan doa setelah sholat
3.
Indikator:
a. Peserta didik dapat mempraktikkan wudhu dengan tertib dan benar
b. Peserta didik dapat mempraktikkan shalat wajib dengan tertib,
tuma’ninah dan benar
c. Peserta didik dapat mempraktikkan zikir dan doasetelah sholat
dengan benar
4.
Materi:
a. Praktik wudhu
b. Praktik shalat
c. Praktik zikir dan doa setelah sholat
5.
Aspek
penilaian
a. Praktik wudhu
Gerakan, tertib, dan doa setelah wudhu.
b. Praktik shalat
Bacaan, gerakan, keserasian bacaan dan gerakan shalat, tuma’ninah,
dan tertib
c. Praktik zikir dan doa setelah sholat
Ketepatan bacaan dan kelancaran
EmoticonEmoticon